Australia

18 Jun

Auatralia adalah sebuah Negara benua yang Lokasi 35°15′ LS 149°28′ BTAustralia berIbu kota Canberra tetapi memiliki Kota terbesar Sydney .Austrlia mengunakan Bahasa resmi Inggris hal ini dikarenakan Australia merupakan salah satu negara persemakmuran Inggris (Commonwelt) Pemerintahan negara Australia masih menyatu pada kerajaan Inggris sehigga Ratu merupakan simbol pemerintahaan dan untuk mewakilinya di Australia pemerintahaan Inggris diwakili oleh Gubernur Jendral.bentuk negara australia adalah negara yang berbentuk monarki konstitusional

Australia adalah sebuah negara yang juga menjadi nama benua terkecil di dunia. Wilayahnya mencakup seluruh benua Australia dan beberapa pulau di sekitarnya. Negara ini identik dengan binatang kangguru. Ibukotanya terletak di Canberra dan kota-kota besarnya adalah Sydney dan Melbourne serta Adelaide, Brisbane, dan Perth. Di daerah gurunnya yang luas, jumlah penduduk sangat sedikit.

Australia, walaupun terletak di dekat Asia, lebih sering disebut sebagai dunia Barat karena kehidupannya yang mirip Eropa Barat dan Amerika Serikat. Penduduknya pun sebagian besar kulit putih. Pada tahun 2000, di Sydney diselenggarakan Olimpiade 2000.

Australia berasal dari kata australis yang dalam bahasa Latin berarti selatan. Cerita-cerita zaman Romawi tentang Terra Australis Incognita atau “Daerah di selatan yang tidak diketahui” adalah sesuatu yang umum di zamannya namun istilah tersebut tidak menunjuk langsung pada Australia.

Oleh orang Belanda, kata Australische dalam bahasa Belanda digunakan untuk menyebut daerah yang baru ditemukan di selatan. Kata Australia dalam bahasa Inggris pertama kali dipakai Alexander Dalrymple pada tahun 1771 dalam bukunya yang berjudul An Historical Collection of Voyages and Discoveries in the South Pacific Ocean namun masih menunjukkan seluruh kawasan Pasifik selatan. Pada 1793, George Shaw dan Sir James Smith dalam buku Zoology and Botany of New Holland menulis “the vast island, or rather continent, of Australia, Australasia or New Holland.”

Nama Australia secara resmi diakui Inggris sebagai nama benua pada 1824 dimana sebelumnya, pada 1814, Matthew Flinders dalam bukunya A Voyage to Terra Australis mempopulerkan penggunaan Australia. Begitu juga Gubernur New South Wales, Lachlan Macquarie, yang mengusulkan peresmian nama tersebut pada 1817.

Penemuan Australia oleh pelaut Eropa pertama kali oleh Willem Jansz pada 1606 di Cape York. Penemuan yang disebut New Holland ini berhasil dipetakan terutama pesisir barat dan utaranya namun belum ada pemukim. Kemudian pada 1770, James Cook datang dan menamainya New South Wales untuk Britania Raya.

Setelah munculnya berbagai koloni yang merdeka, pada 1 Januari 1901 Federasi Australia terbentuk dan melahirkan apa yang dikenal sebagai Commonwealth of Australia. Australia mempunyai 8 negara bagian, yang terdiri dari state dan territory. Mereka adalah New South Wales (NSW), Queensland (QLD), South Australia (SA), Tasmania (TAS), Victoria (VIC), Western Australia, Northern Territory (NT) dan Australian Capital Territory (ACT)

Parliament House yang baru di Canberra dibuka pada tahun 1988 menggantikan Parliament House lama yang dibuka tahun 1927.Besarkan Parliament House yang baru di Canberra dibuka pada tahun 1988 menggantikan Parliament House lama yang dibuka tahun 1927.

Persemakmuran Australia adalah sebuah monarki konstitusional dan mempunyai sistem pemerintahan parlementer. Ratu Elizabeth II adalah Ratu Australia, namun tugasnya sebagai Ratu berbeda dari tugasnya di Britania Raya. Sang Ratu diwakili oleh seorang Gubernur-Jenderal Australia, yang sendiri hanya menggunakan kekuatan eksekutifnya melalui nasehat dari Perdana Menteri.

Terdapat tiga cabang pemerintahan:

· Legislatif: Parlemen Australia yang terdiri dari Gubernur-Jenderal, Senat, dan Dewan Perwakilan.

· Eksekutif: Dewan Eksekutif Federal; sang Gubernur-Jenderal dinasehati para penasehat eksekutif, yang terdiri dari perdana menteri dan para menteri. Biasanya Gubernur-Jenderal tidak akan menolak nasehat-nasehat tersebut.

· Kejaksaan: Mahkamah Agung Australia dan pengadilan-pengadilan federal lainnya.

Australia mempunyai parlemen yang bikameral, terdiri dari Senat yang berisi 76 senator, dan sebuah Dewan Perwakilan yang mempunyai 150 anggota. Anggota Dewan dipilih dari wilayah-wilayah pemilihan beranggotakan tunggal yang umumnya disebut electorate atau seat (kursi). Negara bagian yang lebih besar populasinya akan mempunyai lebih banyak perwakilan; setiap negara bagian minimal mempunyai lima perwakilan. Dalam Senat, setiap negara bagian diwakili 12 senator tanpa mempedulikan jumlah penduduknya. Pemilihan anggota parlemen diadakan setiap tiga tahun sekali, namun biasanya hanya setengah dari kursi-kursi Senat yang diperebutkan, karena para senator mempunyai masa jabatan enam tahun yang saling bertindih. Pemerintah dibentuk di Dewan Perwakilan, dan pemimpin partai atau koalisi mayoritas dalam Dewan adalah sang Perdana Menteri.

Ada tiga partai politik besar: Buruh, Liberal, dan Nasional. Koalisi Liberal/Nasional telah berkuasa sejak Pemilu 1996 dan Koalisi berhasil merebut kekuasaan terhadap Senat dalam Pemilu 2004. Partai Buruh hingga saat ini masih berkuasa di setiap negara bagian dan territory; seluruh pemimpin wilayah-wilayah tersebut berasal dari Partai Buruh.

Australia memiliki ekonomi campuran yang sejahtera, dan bergaya-Barat, dengan GDP per kapita sedikit lebih tinggi dibanding dengan UK, Jerman dan Perancis. Negara ini berada di peringkat ke-3 pada 2004 dalam Human Development Index dan ke-6 dalam kualitas hidup 2005 oleh The economist. Pada tahun belakangan ini, ekonomi Australia telah kembali setelah menghadapai ekonomi global yang melemah. Pengeluaran yang meningkat dalam ekonomi domestik telah menekan turunnya ekonomi, dan keyakinan konsumer dan bisnis tetap kuat. Australia menekankan reformasi sebagai salah satu faktor kunci di belakang kekuatan ekonomi.

Pada 1980-an, Partai Buruh, dipimpin oleh Perdana Menteri Bob Hawke dan Treasurer Paul Keating, memulai proses pemodernan ekonomi Australia dengan floating dolar Australia pada 1983, dan mengatur sistem finansial.

Sejak 1996, pemerintahan Howard telah melanjutkan proses reformasi ekonomi-mikro, termasuk deregulasi sebagian dari pasar tenaga kerja dan penswastaan bisnis milik-negara, terutama industri telekomunikasi. Reformasi yang cukup dalam sistem pajak tak langsung dicapai pada Juli 2000 dengan pengenalan 10% Pajak barang dan jasa, yang sedikit mengurangi ketergantungan terhadap pajak pemasukan pribadi dan perusahaan yang masih melambangkan sistem pajak Australia.

Ekonomi Australia tidak mengalami resesi sejak awal 1990-an. Pada Juli 2005, pengangguran masih dalam 5%. Sektor jasa, termasuk pariwisata, pendidikan, dan jasa finansial membentuk 69% dari GDP. Agrikultur dan sumber daya alam hanya membentuk 3% dan 5% dari GDP, tapi cukup membantu banyak dalam ekspor Australia. Pasar ekspor Australia terbesar termasuk Jepang, RRC, AS, Korea Selatan dan Selandia Baru. Hal yang menjadi perhatian para ekonomis termasuk current account deficit dan juga tingkat “net foreign debt” yang tinggi.

Wilayah Australia seluas 7,686,850 km² terletak di Lempeng Indo-Australia dan dikelilingi Samudra Pasifik dan Hindia. Australia terletak di selatan benua Asia. Wilayahnya sebagian besar adalah gurun pasir yang menutupi sekitar 40% luas daratan.

Wilayah utara beriklim tropis dan memiliki hutan hujan tropis. Beberapa ikon Australia yang terkait geografi adalah Great Barrier Reef di lepas pantai Queensland dan Uluru atau Ayers Rock di selatan Alice Springs, Northern Territory.

Lima samudra dunia

· Samudra Atlantik

· Samudra Arktik

· Samudra Hindia

· Samudra Pasifik

· Samudra Selatan

Samudra Pasifik atau kadangkala juga disebut Lautan Teduh adalah kumpulan semua laut di antara Asia dan Australasia di sebelah barat, Amerika di sebelah timur, Antarktika di sebelah selatan dan Samudra Arktik di sebelah utara.

Samudra Pasifik atau Lautan Pasifik (dari bahasa Spanyol Pacifico, artinya tenang) adalah kumpulan air terbesar di dunia. Ia mencakup kira-kira sepertiga permukaan Bumi, dengan luas sebesar 179,7 juta km² (69,4 juta mi²). Panjangnya sekitar 15.500 km (9.600 mi) dari Laut Bering di Arktik hingga batasan es di Laut Ross di Antartika di selatan. Samudra Pasifik mencapai lebar timur-barat terbesarnya pada sekitar 5 derajat U garis lintang, di mana ia terbentang sekitar 19.800 km (12.300 mi) dari Indonesia hingga pesisir Kolombia. Batas sebelah barat samudra ini biasanya diletakkan di Selat Malaka. Titik terendah permukaan Bumi—Palung Mariana—berada di Samudra Pasifik.

Samudra Pasifik berisi sekitar 25.000 kepulauan (lebih dari jumlah kepulauan yang berada di lautan dunia lainnya jika digabung), yang mayoritas terletak di selatan khatulistiwa. (Lihat: Kepulauan Pasifik.)

Di batasan ireguler Samudra Pasifik terdapat banyak lautan, yang terbesar adalah Laut Sulawesi, Laut Koral, Laut Cina Timur, Laut Jepang, Laut Cina Selatan, Laut Sulu, Laut Tasman dan Laut Kuning. Selat Malaka menghubungkan Samudra Pasifik dengan Samudra Hindia di sebelah barat, dan Selat Magellan menghubungkan Samudra Pasifik dengan Samudra Atlantik di sebelah timur.

Penjelajah Portugis Ferdinand Magellan adalah orang yang menamakan Samudra Pasifik. Untuk sebagian besar perjalanannya dari Selat Magellan menuju Filipina, Magellan memang merasakan ketenangan lautan tersebut. Tetapi, Samudra Pasifik tidaklah selalu tenang. Di mana Samudra Atlantik melebar, Samudra Pasifik menciut. Hal ini menyebabkan banyak terjadinya gempa bumi. Banyak angin puyuh dan badai yang merusak pulau-pulau di bagian Pasifik dan tanah di sekitar Pasifik dipenuhi gunung berapi dan sering diguncang gempa bumi. Tsunami, yang disebabkan oleh gempa bumi di dasar laut, telah menghancurkan banyak pulau dan menghapuskan seluruh kota.

Samudra Pasifik

Teritorial Ibu Kota Australia

Teritorial Ibu Kota Australia (Australian Capital TerritoryACT) adalah salah satu teritori Australia dan merupakan tempat dimana ibukota Australia, Canberra, berada. Wilayah ACT dikelilingi oleh negara bagian New South Wales di seluruh bagiannya.

Luas ACT adalah 2.358km2 dan kesemuanya adalah wilayah daratan menjadikan ACT sebagai satu-satunya wilayah di Australia yang tidak memiliki batas laut. Satu-satunya batas darat ACT ialah negara bagian New South Wales yang mengelilingi ACT di semua sisi.

Suku penduduk asli Australia atau Aborigin yang mendiami daerah ACT adalah Ngunnawal, Walgalu, dan Ngarigo jauh sebelum kedatangan orang Eropa pada 1820-an. Sejak 1824, berbagai pemukiman pendatang kulit putih mulai berkembang menjadi kota-kota kecil.

Saat konstitusi Australia sedang dibicarakan oleh koloni-koloni, Melbourne dan Sydney bersaing untuk menjadi ibukota Australia. Akhirnya disepakati bahwa Melbourne bisa menjadi ibukota sejak 1901 sampai ibukota baru telah dibangun.

Lokasi sekarang disepakati pada 1908 dengan memenuhi syarat bahwa wilayahnya diambil dari New South Wales dan terletak lebih dari 100 mil dari Sydney. Kompetisi desain internasional untuk ACT diselenggarakan pada 1911 dengan pemenang bernama Walter Burley Griffin. Pemberian nama dan pembangunan resmi dilaksanakan pada 12 Maret 1913.

Pada 9 Mei 1927, pemerintah federal secara resmi pindah ke ACT dari Melbourne dengan berbagai departemen menyusul kemudian.

New South Wales

New South Wales adalah salah satu negara bagian Australia, negara bagian yang paling tua yang didirikan pada tahun 1788. Ibukota negara bagian ini adalah Sydney. Negara bagian ini juga merupakan negara bagian yang paling banyak penduduknya. Pada Maret 2006, penduduknya berjumlah 6.817.100 jiwa.

Tiga kota terbesar di New South Wales adalah Sydney, Newcastle dan Wollongong.

Teritorial Utara

Teritorial Utara adalah negara bagian Australia yang beribukota di Darwin. Negara bagian ini memiliki luas 1.347.519 km2 atau 520.308 mil2 dengan penduduk 187.100 jiwa.

Queensland

Queensland adalah negara bagian terbesar kedua di Australia dari segi wilayah. Beribukota di Brisbane, negara bagian ini memiliki luas wilayah daratan 1.730.648 km² dan populasi 4.000.000 jiwa (2005).

Australia Selatan

Australia Selatan (bahasa Inggris: South Australia) adalah sebuah negara bagian Australia. Beribu kota di Adelaide, negara bagian ini memiliki luas wilayah daratan 983.482 km² dan populasi 1.540.200 jiwa (2005). Sebagian besar penduduknya tinggal di daerah pesisir dan di sepanjang Sungai Murray. Sebelum bergabung dengan Persemakmuran Australia pada 1901, wilayah ini berstatus sebuah provinsi Britania Raya.

Tasmania

Tasmania adalah sebuah negara bagian Australia dan pulau dengan nama yang sama. Beribukota di Hobart, negara bagian ini memiliki luas wilayah daratan 22.357 km² dan populasi 484.700 jiwa (2005). Letaknya 200 km di sebelah selatan Australia Daratan, dengan Selat Bass sebagai pemisah. Negara bagian ini juga mengelola Pulau Macquarie.

negara bagian terkecil Australia yang masuk di benua tersebut (Tasmania tidak termasuk) dan beribu kotakan Melbourne. Victoria terletak di bagian tenggara benua Australia dan dengan perhitungan penduduk 5.022.300 jiwa (Juni 2005), adalah negara bagian dengan penduduk terpadat kedua di Australia. Luasnya adalah 237.629 km².

Victoria dinyatakan terpisah dari negara bagian New South Wales dan menjadi koloni yang merdeka pada tahun 1851 setelah terjadi perburuan emas terbesar di dunia sejak tambang-tambang emas ditemukan di Ballarat dan kemudian di Bendigo.

Pada 1 Januari 1901, Victoria kembali menjadi negara bagian di Persemakmuran Australia seperti layaknya negara-negara bagian lain. Sebelum ibu kota Australia yang sekarang, Canberra, selesai dibangun, Melbourne adalah ibu kota Australia tepatnya dari tahun 1901-1927.

Terletak di bagian tenggara benua Australia, Victoria berbatasan dengan South Australia di sebelah barat dan New South Wales di utara dengan Murray River (Sungai Murray) sebagai batasnya. Di bagian selatan terdapat sebuah teluk besar yang digunakan untuk pelabuhan yaitu Port Phillip yang terletak di Melbourne serta pinggirannya seperti Geelong dan Frankston.Sungai-sungai yang ada di Victoria antara lain Murray River, Yarra River, Maribyrnong River, dan Mitta River.

Victoria sudah dijelaskan dalam konstitusinya sejak 1855 dan sudah diamandemen beberapa kali. Sejak bergabung dengan Australia tahun 1901, Konstitusi Australia mengatur Victoria. Jabatan Perdana Menteri Victoria sejak Juli 2007 dijabat John Brumby.

Dahulu, Victoria merupakan pusat dari perburuan emas dan batu bara. Sekarang, hasil produksinya hampir sama dengan negara bagian lain namun dengan tambahan hasil agrikultur karena curah hujannya yang lebih tinggi dibanding negara bagian lain.

Australia Barat

Australia Barat adalah negara bagian terbesar di Australia. Mencakupi sepertiga luas wilayah Australia, negara bagian ini berbatasan dengan Australia Selatan dan Teritori Utara. Ibu kotanya ialah Perth. Australia Barat merupakan entitas subnasional terbesar kedua di dunia setelah Sakha, Rusia.

Oseania

Oseania adalah istilah yang mengacu kepada suatu wilayah geografis atau geopolitis yang terdiri atas sejumlah kepulauan yang berada di Samudra Pasifik dan sekitarnya. Oseania merupakan benua dengan luas area daratan terkecil dan jumlah populasi terkecil kedua setelah Antartika.

Dalam artian sempit (yang pertama kali didefinisikan penjelajah asal Perancis bernama Jules Dumont d’Urville pada tahun 1831), Oseania meliputi Polinesia (termasuk Selandia Baru), Melanesia (termasuk Nugini) dan Mikronesia. Sedangkan dalam artian luas maka Oseania juga meliputi Australia dan Indonesia bagian timur; namun jarang memasukkan Jepang dan Kepulauan Aleut dalam kelompok Oseania.

Sebagian besar dari Oseania terdiri dari negara-negara pulau yang kecil. Australia adalah satu-satunya negara kontinental, sedangkan Papua Nugini dan Timor Timur adalah negara yang memiliki perbatasan darat, kedua-duanya dengan Indonesia.

Negara-negara di Oseania mempunyai kemerdekaan dalam jumlah yang beragam dari penguasa-penguasa kolonial mereka dan telah mendapatkan pengaturan konstitusional yang bervariasi sesuai dengan keadaan mereka. Australia misalnya, adalah negara yang tergabung dalam Persemakmuran, sehingga mengakui Ratu Elizabeth II dari Britania Raya sebagai Ratu, sementara Polinesia Perancis adalah sebuah pays d’outre-mer (“negara luar negeri”) Perancis.

Secara ekologi, Oseania merupakan satu di antara delapan zona ekologi terestrial dunia. Zona ekologi Oseania meliputi Mikronesia, Fiji dan Polinesia kecuali Selandia Baru, Nugini, Kaledonia Baru, Kepulauan Solomon dan Vanuatu termasuk zona ekologi Australasia.

Polinesia

Polinesia (dari bahasa Yunani: πολύς banyak, νσος pulau) adalah subregion Oseania, terdiri dari grup kepulauan yang lebih dari 1.000 kepulauan yang tersebar di Samudera Pasifik tengah dan selatan.

Melanesia

Melanesia (dari bahasa Yunani “pulau hitam”) adalah sebuah wilayah yang memanjang dari Pasifik barat sampai ke Laut Arafura, utara dan timur laut Australia. Istilah ini pertama kali digunakan oleh Jules Dumont d’Urville pada 1832 untuk menunjuk ke sebuah etnis dan pengelompokan pulau-pulau yang berbeda dari Polinesia dan Mikronesia. Sekarang ini, klasifikasi rasial d’Urville dianggap tidak tepat sebab dia menutupi keragaman budaya, linguistik, dan genetik Melanesia dan sekarang ini hanya digunakan untuk penamaan geografis saja.

Sebagai tambahan, negara Fiji, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Vanuatu, dan Kaledonia Baru (yang merupakan dependensi Perancis) menggunakan istilah ini untuk menggambarkan diri mereka sendiri karena mencerminkan sejarah kolonial dan situasi regional umum yang serupa.

Republik Kepulauan Marshall

Republik Kepulauan Marshall adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik bagian barat. Dia berbatasan dengan Nauru dan Kiribati di sebelah selatan, Mikronesia di barat, dan Pulau Wake di utara.

Walaupun warga Mikronesia menghuni Kepulauan Marshall pada abad 2000 SM, pengetahuan tentang sejarah awal negara ini hanya sedikit. Penjelajah Spanyol Alonso de Salazar merupakan orang Eropa pertama yang menemukan Kep. Marshall, tetapi kepulauan ini tidak pernah dikunjungi lagi selama beberapa abad hingga kapten Inggris John Marshall mengunjuginya pada 1788; kepulauan ini dinamakan menurut namanya.

Sebuah perusahaan dagang Jerman mendirikan cabang di Kep. Marshall pada 1885 yang menjadi bagian dari protektorat Jerman Nugini beberapa tahun kemudian. Jepang menguasai kepulauan ini pada Perang Dunia I berdasarkan mandat Liga Bangsa-Bangsa.

Pada 1944 saat Perang Dunia II, Amerika Serikat menyerbu kepulauan ini dan memasukkannya ke dalam Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik (Trust Territory of the Pacific Islands). Setelah perang berakhir, AS mulai melaksanakan beberapa uji coba nuklir di Kep. Marshall yang berlanjut hingga 1960-an. Akibatnya, banyak penduduk Marshall yang terkena efek tingkat radiasi tinggi sehingga klaim kompensasi masih berlangsung hingga kini.

Pada 1979, Republik Kep. Marshall didirikan dan sebuah perjanjian Compact of Free Association dengan AS ditandatangani, yang mulai berlaku pada 1986.

Kep. Marshall terdiri dari 29 atol dan 5 pulau terpencil. ⅔ populasinya tinggal di Atol Majuro (juga nama ibu kota) dan Ebeye. Siklon tropis terkadang melanda kepulauan ini.

Republik Palau

Republik Palau (juga dieja sebagai Belau) adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik, 500 km sebelah timur Filipina. Negara ini merdeka pada tahun 1994 dari Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik yang diperintah Amerika Serikat. Palau terdiri dari 8 pulau utama dan sedikitnya 250 pulau kecil.

Palau dibagi menjadi 16 negara bagian (state):

Kepulauan Mariana Utara

Persemakmuran Kepulauan Mariana Utara (bahasa Inggris: Commonwealth of the Northern Mariana Islands/CNMI) adalah sebuah persemakmuran milik Amerika Serikat (AS) di Samudra Pasifik Barat. Ia terdiri dari 15 pulau yang terletak di antara Hawaii dan Filipina. Bahasa resmi adalah Inggris, Chamoro, Carolinia. Ibu kota adalah Saipan . Penduduk Mariana Utara berjumlah 80.006 (Juli 2003) dengan penduduk Kepadatan 168/km²

Luas Kepulauan Mariana Utara ialah 477 km². Tabel berikut menunjukkan data masing-masing pulau dari Utara ke Selatan:

No.

Pulau

Wilayah (km²)

Penduduk
Sensus 2000

Ketinggian (m)

Titik tertinggi

Lokasi

1

Farallon de Pajaros (Uracas)

2,0

0

319

20°33′ LU 144°54′ BB

2

Kepulauan Maug

2,0

dihuni tahun 1939-1944

227

(Pulau Utara)

20°02′ LU 145°19′ BB

3

Asuncion

7,4

0

891

19°43′ LU 145°41′ BB

4

Agrihan (Agrigan)

40,0

dievakuasi tahun 1990

965

Gunung Tapochao

18°46′ LU 145°40′ BB

5

Pagan

46,6

dievakuasi tahun 1990

579

Gunung Pagan

18°08′ 36 N°145′ 47

6

Alamagan

11,0

6

744

Bandeera

17°35′ LU 145°50′ BB

7

Guguan

4,0

0

301

17°20′ LU 145°51′ BB

8

Zealandia Bank

>0,0

0

>0

16°45′ LU 145°42′ BB

9

Sarigan

4,9

dahulunya dihuni

549

16°43′ LU 145°47′ BB

10

Anatahan

30,8

dievakuasi tahun 1990

787

16°22′ LU 145°40′ BB

11

Farallon de Medinilla

0,9

0

81

16°01′ LU 146°04′ BB

12

Saipan

122,9

62.392

474

Gunung Tagpochau

15°11′ 06 N°145′ 44

13

Tinian

102,0

3.540

170

Kastiyu (Bukit Lasso)

14°57′ 12 N°145′ 38

14

Aguijan (Agiguan)

7,0

0

157

14°42′ LU 145°18′ BB

15

Rota

95,7

3.283

491

Sabana

14°08′ 37 N°145′ 11

KEPULAUAN MARIANA UTARA

477,2

69.221

965

Gunung Tapochao

14°08′ – 20°33′N,
144°54° – 146°04′W

Secara administratif, CNMI dibagi menjadi empat kota madya.

Pulau-pulau yang dihuni secara permanen adalah Saipan, Tinian, dan Rota.

Republik Nauru

Republik Nauru adalah negara berbentuk republik terkecil di dunia. Negara ini tidak memiliki ibukota resmi. Nauru terkenal dengan hasil produksi fosfatnya yang telah ditambang oleh gabungan perusahaan asing sejak 90 tahun terakhir.

Sebanyak 18 anggota parlemen terpilih pada tahun 2004. Parlemen ini kemudian bertugas memilih presiden yang menjabat sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Dalam sistem multipartai, secara informal terdapat dua partai di Nauru, yaitu Partai Demokratik (Democratic Party) dan Partai Nauru (Nauru Party).

Pada tahun 1999 dan 2003, terjadi peristiwa yang menyimpang dari aturan mekanisme pengambilan suara yang intinya memilih René Harris dan Bernard Dowiyogo sebagai pimpinan negara alternatif. Adapun Dowiyogo meninggal saat menjabat pada tanggal 10 Maret 2003 di Washington D.C. setelah menjalani operasi jantung. Ludwig Scotty yang terpilih sebagai presiden pada tanggal 29 Mei 2003 untuk melanjutkan tugas presiden sebelumnya hampir saja gagal memenangkan pemilu yang diselenggarakan pada bulan Agustus 2003 apabila Harris tidak memberikan dukungannya.

Pada tanggal 1 Oktober 2004, Scotty memberlakukan status darurat dan membubarkan parlemen yang dianggapnya gagal mengesahkan APBN. Ia lalu memenangkan pemilu yang diadakan pada bulan itu.

Pada tahun 2003, Nauru sempat memutuskan diplomasi dengan Taiwan yang telah dijalin selama 22 tahun dan berpaling kepada Republik Rakyat Cina. Diplomasi dengan Taiwan kembali dijalin pada Mei 2005.

Nauru adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Samudra Pasifik bagian selatan, persis di bawah garis khatulistiwa dan di sebelah selatan Kepulauan Marshall. Jarak dari Pulau Papua ke Nauru kira-kira sebanding dengan jarak dari Pulau Papua ke Pulau Jawa.

Nauru dibagi menjadi 14 distrik, yaitu:

Republik Kiribati

Republik Kiribati (bahasa Inggris: Republic of Kiribati), diucapkan /kiribas/, adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik. Ketigapuluh tiga atol negara ini tersebar sepanjang 3.500.000 km² di dekat khatulistiwa. Namanya adalah transliterasi “Gilberts”, nama bahasa Inggris untuk kelompok kepulauan terbesar, Kepulauan Gilbert dalam bahasa Kiribati.

Kiribati dihuni sebuah kelompok etnis Mikronesia yang bertuturkan suatu jenis bahasa Oseanik yang sama selama 2.000 tahun sebelum mengadakan hubungan dengan orang-orang Eropa. Pulau-pulau tersebut dinamakan Kepulauan Gilbert pada tahun 1820 oleh seorang admiral Estonia, Adam von Krusenstern, dan kapten berkebangsaan Perancis, Louis Duperrey; berasal dari nama Thomas Gilbert, yang menyeberangi kepulauan ini pada tahun 1788. Pada tahun 1892, Kepulauan Gilbert menjadi sebuah protektorat Britania Raya bersama dengan Kepulauan Ellice yang berdekatan. Keduanya kemudian menjadi koloni pada tahun 1916 dan akhirnya menjadi daerah otonomi pada tahun 1971. Pada tahun 1943, Pertempuran Tarawa berlangsung di ibu kota Kiribati di pulau Tarawa.

Pada tahun 1978, Kepulauan Ellice menjadi negara merdeka bernama Tuvalu, dan Kiribati pun ikut merdeka pada 12 Juli 1979. Setelah kemerdekaan Kiribati, Amerika Serikat menarik segala klaim terhadap Pulau Phoenix dan semua pulau-pulau di Kepulauan Line (kecuali tiga pulau) yang kemudian menjadi wilayah Kiribati.

Parlemen Kiribati, yang disebut Maneaba ni Maungatabu dilantik setiap empat tahun sekali, dan terdiri dari 42 wakil. Maneaba juga merupakan nama yang diberikan kepada tempat-tempat pertemuan yang terdapat di setiap komunitas setempat.Sang presiden adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan, dan dipanggil te Beretitenti.Setiap pulau dari 21 pulau yang dihuni mempunyai sebuah dewan setempat yang mengurus masalah-masalah sehari-hari (3 dewan di Tarawa: Betio, Tarawa Selatan, Tarawa Utara).

Saat ini tidak ada lagi pembagian menurut distrik, melainkan sebuah kelompok yang menyatukan Kepulauan Line dan Phoenix. Setiap pulau yang dihuni mempunyai Dewan Kepulauan sendiri (3 di pulau Tarawa; 2 di Tabiteuea). Sebelum merdeka, Kiribati dibagi menjadi enam distrik:

Empat dari distrik-distrik tersebut (termasuk Tarawa) berada di Kepulauan Gilbert, di mana kebanyakan populasi Kiribati tinggal. Hanya tiga pulau di Kepulauan Line yang dihuni, sementara Kepulauan Phoenix tidak berpenghuni kecuali pulau Kanton dan Orona (80 orang) dan tidak mempunyai perwakilan. Banaba sendiri kini hanya mempunyai sedikit penduduk.

Kiribati terdiri dari 32 atol dan satu pulau (Banaba), dengan setidaknya tiga di setiap belahan dunia. Kepulauan-kepulauannya adalah:

  • Banaba: sebuah pulau terisolasi yang terletak di antara Nauru dan Kepulauan Gilbert
  • Kepulauan Gilbert: 16 atol yang terletak sekitar 1500 km sebelah utara Fiji
  • Kepulauan Phoenix: 8 atol dan kepulauan karang yang terletak sekitar 1800 km sebelah tenggara Kepulauan Gilbert
  • Kepulauan Line: 8 atol dan satu karang, terletak sekitar 3300 km sebelah timur Kepulauan Gilbert

Tiga pulau lainnya di kepulauan Line adalah milik Amerika Serikat.

Banaba adalah sebuah pulau karang yang telah ditinggikan yang pernah kaya akan fosfat, namun semuanya telah habis ditambangkan sebelum kemerdekaan. Sisa tanah di Kiribati terdiri dari pasir dan kepulauan-kepulauan batu karang yang kecil yang terdiri dari atol atau pulau-pulau karang yang tingginya hanya beberapa meter di atas permukaan laut. Tanahnya tipis dan berkapur, sehingga sulit untuk bercocok tanam.

Kiritimati (Pulau Christmas, namun bukan Pulau Christmas yang merupakan milik Australia) di Kepulauan Line adalah atol terbesar di dunia.

Kiribati hanya mempunyai sedikit sumber daya alam. Cadangan fosfat yang bernilai komersial telah habis saat Kiribati merdeka. Kopra dan ikan kini merupakan hasil produksi dan ekspor yang dominan.

Ekonomi Kiribati telah naik-turun dengan besar dalam beberapa tahun terakhir. Perkembangan ekonomi dihalangi kurangnya pekerja berkeahlian tinggi, infrastruktur yang lemah, dan letaknya yang jauh dari pasar dunia.

Pariwisata menyumbangkan lebih dari seperlima produk domestik bruto Kiribati. Dana bantuan keuangan internasional, kebanyakan dari Britania Raya dan Jepang, merupakan tambahan yang penting bagi PDB-nya, setara dengan 25%-50% PDB dalam beberapa tahun terakhir.

Penduduk Kiribati dipanggil I-Kiribati dalam bahasa Gilbert. Meskipun bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan dalam konstitusi dan bidang hukum, bahasa Gilbert, bahasa asli penduduk bangsa Mikronesianya digunakan secara luas.

Perlu diperhatikan bahwa tidak ada huruf ‘s’ dalam bahasa Gilbert; ‘s’ digantikan ‘ti’. Oleh sebab itulah Pulau Kiritimati dikenal sebagai Christmas dalam bahasa Inggris. Agama terbesar adalah agama Kristen, meski telah dicampur dengan berbagai adat-istiadat dari kepercayaan setempat. Ada pula yang menganut kepercayaan Bahá’í.

Kebudayaan Kiribati menaruh banyak perhatian kepada lagu-lagu (te anene) dan yang paling utama, tarian (te mwaie).

Teritorial Guam

Teritorial Guam (Guahan dalam Bahasa Chamorro) adalah sebuah pulau di bagian barat Samudera Pasifik dan juga sebuah organized unincorporated territory Amerika Serikat. Ibukotanya adalah Hagatna, dulunya Agana. Mayoritas ekonomi Guam berasal dari sektor pariwisata (90% turis berasal dari Jepang) dan pangkalan Tentara Amerika Serikat. Sebagai salah satu teritorial AS yang paling dekat dengan Garis Tanggal Internasional, Guam dijuluki sebagai “tempat di mana Amerika dimulai”, sehingga frase itu menjadi semboyan teritorial pulau itu.

Guam merupakan sebuah contoh utama dari efek berbahaya sebuah spesies penyerbu: seekor ular pohon coklat (Boiga irregularis) yang beracun namun tidak membahayakan masuk ke kapal pengangkut tentara AS secara diam-diam pada akhir Perang Dunia II. Kapal itu berangkat dari Filipina menuju Guam. Di Guam, ular itu membunuh hampir seluruh populasi burung di pulau yang tadinya bebas ular. Ular itu tidak mempunyai pemangsa alami di Guam; sekarang, Guam merupakan salah satu wilayah dengan kepadatan ular yang tertinggi di dunia (2.000 ular/km²).Bandara Guam ialah Bandara Antonio B. Won Pat.

Pulau Wake

Pulau Wake (bahasa Inggris: Wake Island) adalah sebuah atol koral dengan garis pantai sepanjang 19,3 km yang terletak di Samudra Pasifik bagian utara. Letaknya 3.700 km di sebelah barat Hawaii dan 2.430 km di sebelah timur Guam. Pulau terbesarnya (juga disebut Pulau Wake) merupakan pusat aktivitas wilayah ini dan memiliki landasan pacu sepanjang 3.000 m. Pulau ini dinamakan dari Kapten Willaim Wake, kapten kapal Prince William Henry yang berkunjung pada tahun 1796[1], dengan demikian pengejaan pulau ini mengikuti pengejaan bahasa Inggris (wek), bukan wa ke.

Sebagai bagian dari Kepulauan Terpencil Minor, Pulau Wake termasuk wilayah yang tidak tergabung (unincorporated territory) yang dikelola oleh Kantor Urusan Insuler, Departemen Interior Amerika Serikat. Batas penanggalan internasional terletak di sebelah timur pulau ini, sehingga waktu lebih cepat satu hari dibanding waktu di AS Daratan. Pulau ini tertutup untuk umum dan diurus oleh Angkatan Udara AS, Angkatan Darat AS dan Chugach McKinley, Inc., sebuah perusahaan di bidang layanan pengelolaan dan pengoperasian pangkalan sipil. Kepemilikan Pulau Wake disengketakan oleh Kepulauan Marshall.

Walaupun secara resmi disebut sebuah pulau, Wake sebenarnya adalah sebuah atol yang terdiri dari tiga pulau (Wake, Wilkes, dan Peale) yang mengelilingi sebuah laguna. Penggunaan istilah ‘pulau’ bermula dari hasrat Angkatan Laut AS semasa Perang Dunia II untuk membedakan Wake daripada atol-atol lainnya yang telah dikuasai Jepang. Jepang lalu menguasai wilayah ini pada Desember 1941 hingga September 1945.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: