Manusia & Alam semesta

10 Nov

Pendahuluan

Sejak dahulu manusia ingin sekali mengetahui tentang apa yang sebenarnya ada diluar dunia ini dan mencoba menerkanya dengan berbagai pendekatan.Pendekatan tentang apa yang terjadi di Jagat raya ini pada masa Lampau banya mengunakan pendekatan mitos atau legenda,namun seiringnya waktu maka hal itu dapat di patahkan.

Perkembangan teknologi membawa manusia dapat memahami sedikit tentang apa yang ada dalam jagat raya ini.Penelitian terhadap angkasa luar terus berkembang mulai dari penelitian melalui teropong bintang hingga manusia dapat mengirim seseorang untuk kesana langsung ataupun dengan mengunakan robot.denga kemajuan teknologi inilah maka manusia dapat mulai memahami tentanng teka teki alam semesta dan tidak hanya sekedar menerka dengan sebuah mitos.

Isi Alam Semesta

Alam Semesta terdiri dari semua materi termasuk tenaga dan radiasi serta hal yang diketahui dan baru pada tahap percaya. Bahwa pasti ada antariksa.Bumi,Bulan ,Planet dan Matahari yang termasuk dalam tata surya hanyalah merupakan titik kecil diantara lebih dari 200 milyar bintang yang menyusun Galaksi Bima Sakti,Matahari merupakan Satu dari bermilyar-milyar bintang di alam semesta dan kemungkinan setiap bintang mempunyai susunan tata surya seperti tata surya matahari. Perhitungannya sampai angka 200 milyar bintang baru perkiraan untuk sebuah galaksi adalah galaksi Bima sakti kita yang mempunyai garis tengah kira 100.000 tahun cahaya.

System tata surya adalah sebuah system yang teratur pada Matahari.Matahari sebagai Induk dan dikelilingi oleh Planet,satelit asteroid,komet,meteor yang semua itu bergerak mengelilingi matahari dibawah pengaruh gaya matahari.sebuah benda langit yang termasuk tatasurya terbentang diangkasa meliputidaerah sepanjang 12 triliun kilometer.

Galaksi

Galaksi merupakan tempat bintang-bintang beredar termasuk matahari.Bintang –bintang ini melakukan peredaran dalam pusat galaksi.Berdsarkan pengamattan para ahli galaksi bima sakti merupakan berwujud spiral raksasa yang berputar.dari samping terlihat seperti elips yang sangat besar,semua bintang bertebaran bertebaran dalam lengan spiral.makin ke dalam tebaran bintang-bintang tampak semakin merapat dan diperkirakan pusat galaksi adalah sebuah bola raksasa ,diperkirakan dikitari pula oleh corona atau atmosfer angkasa luar

Dari tipenya galaksi dapat beberapa tipe seperti:

1. Galaksi beraturan yang terdiri dari milyaran bintang muda berwarna putih kebiruan dan bintang bintang raksasa biru yang sangat panas. Diantara bintang tersebut bertebaran debu dan gas angkasa luar.

2. Galaksi Spiral berbentuk spiral dan mempunyai Inti (nucleus) mempunyai lengan spiral atau Cakram.Bintang bintang bertebaran pada lengan galaksi ini.

3. Galaksi Elips merupaka galaksi yang bertebaran bintang-bintang tua tidak membentuk bintang-bintang baru lagi.galaksi ini sangat besar dan tersusun oleh bintang-bintang yang telah tua.

Bintang

Matahari merupakan salah satu bintang yang terdapat dalam alam semesta.Matahari merupakan sumber kehidupan dan merupakan pusat dalam tata surya matahari. Diameter matahari adalah 103 kali diameter bumi. Untuk menggambarkannya, diameter bumi adalah 12.200 km. Jika kita memperkecil bumi menjadi sebesar kelereng, maka matahari sebesar bola sepak. Namun yang menarik adalah jarak antar keduanya. Dengan perbandingan yang masih tetap, maka jarak antara bola sepak dan kelereng adalah 280 meter. Benda yang mewakili planet terluar harus diletakkan beberapa kilometer dari bola sepak.

Matahari terbentuk dari awan gas hydrogen dan debu yang memadat menjadi sebuah bola gas raksasa yang sangat pijar.Matahari mulai berpijar kira-kira 5 milyar tahun yang lalu dan diperkirakan masih berpijar pada 5000 tahun lagi.Matahari memiliki suhu 6000 C.

Sekitar 99,9% bahan tata surya berasal dari matahari,sedangkan 0,1% sisanya berasal dari semua benda langit yang berada ditata surya matahari.mata hari terdiri dari 70% hydrogen,28 Helium dan 2% gas-gas lain.Matahari mendapat Energi dari pembetukan materi dalam reaksi Inti,

Hidrogen + Helium =>Helium +Energi

Helium + Helium =>Karbon +Energi

Karbon + Hidrogen =>Nitrogen +energi

  • Teras Matahari merupakan jantung dan awal segala daya matahari.didinilah atom Hidrogen Berfungsi menjadi Helim pada suhu kira-kira 14 juta C.Tenaga dilepaskan dalam bentuk sinar gamma hebat dan melimpah pada permukaan matahari.
  • Pabrik Tenaga Matahari,Berupa kawasan yang luas .Atom gasnya mengalami pemboman sinar Gamma dari teras sehingga tabrakan dahsyat ini mengubah sinar Gamma menjadi sinar yang tenaganya lebih lemah,misalnya sinar Ulteraviolet.
  • Fotosfer, Berupa lapisan yang bergolak setebal 300km yang bersuhu 6000c.bintik tersebut yang disebut Noda Matahari atau Noktah. Permukaan fotsfer tidak merupakan bidang yang rata,akan tetapi butir-butir besar kecil dan disebut glanulasai strastofer.Pada bagian ini juga terdapat obor fotodfer(faculae)burupa bagian fotosfer yang lebih tinggi.
  • Kromosfer, tebalnya 6000 km merupakan lapisan atmosfer Matahari dan terutama teriri dari hydrogen
  • Korona(Atmosfer Luar Matahari),Letaknya cukup dekat dengan piringan sehingga cukup terang untuk diamati.korona merupakan lapisanlebih luar kromosfer.berupa sinar kemilau yang tebalnya kadang-kadang melibihi garis tengah matahari.korona mampak jelas waktu gerhana matahari total

Dalam Jagat Raya ini matahari tidak diam tetapi juga berputar pada porosnya dan melakukan perputaran pada garis edarnya dalam galaksi Bima Sakti.Dengan kata lain matahari mengembara diangkasa bersama 200 milyar bintang di dalam galaksi Bima Sakti.Bintang-bintang menurut catatan George O Abell terdapat 39 buah bintang yang terdekat dengan matahari. Proxima Centuri berjarak 1,31 Pc atau 1,31×206,265 A.U(Astronomical Unit) Satu A.U adalah jarak Matahari ke Bumi atau Lebih Kurang 149,6 Juta km sedangkan PC adala singkatan Persec.

Selain itu pada tata Surya terdapat :

  • Delapan buahplanet:Merkurius,Venus ,Bumi ,Mars ,Yupiter ,Saturnus ,Uranus , Neptunus
  • Terdapat 34 satelit yang mengelingi planet seprti bulan yang mengelilingi Bumi,Dua satelit Mars,14 Satelit Yupiter,10 satelit Neptunus.
  • Beribu-ribu asteroid yang berupa bongkahan raksasa yang melayang-layang di angkasa sampai debu-debu halus.
  • Bermilyar –milyar komet berupa bola salju kotor atau buah satelit batuan meteorid.

Planet

Planet adalah sebuah benda langit yang tidak memiliki sumber cahaya sendiri dan bergerak menjelajahi langit mengelilingi matahari dan memiliki garis edar tertentu.Gerak Planet mengelilingi Matahari sati kali lintasan di sebut orbit.Dan selain itu Planet juga bergerak pada porosnya yang setiap sati kali putaran disebut rotasi.Planet biasanya di golongkan atas 2 bagian yaitu planet dalam (Merkurius,Venus,Bumi,Mars) dan Planet Luar (Yupiter,Saturnus,Uranus,Neptunus) hal ini digolongkan berdasarkan jarak dan pengeruh cahaya matahari pada planet tersebut.

Merkurius

Merkurius, Planet kecil berbatu, ditempa panas dan radiasi matahari. Rotasinya begitu terhambat oleh kedekatannya dengan matahari, menyebabkan planet ini melakukan hanya tiga rotasi aksial penuh selama dua kali peredaran mengelilingi matahari. Dengan kata lain, di Merkurius, dua “tahun” sama dengan tiga “hari”. Disebabkan perputaran harian yang begitu lama, satu sisi planet menjadi begitu panas sementara sisi lainnya begitu dingin. Perbedaan ssuhu antara sisi siang dan sisi malam dapat mencapai 1.000o C. Tentu saja lingkungan seperti ini tidak mungkin menopang kehidupan.

Venus

planet ini diselimuti kabut putih cemerlang namun suhu permukaannya 450oC, yang cukup untuk melelehkan timah. Sebagian atmosfernya berupa karbon-dioksida. Di permukaan planet, tekanan atmosfer setara dengan 90 kali tekanan atmosfer bumi: di bumi, Anda harus menyelam satu kilometer ke dalam laut untuk mendapatkan tekanan setinggi ini. Di atmosfernya terdapat berlapis-lapis gas asam belerang sedalam beberapa kilometer. Tidak ada seorang pun atau kehidupan lain yang mampu bertahan sedetik pun di tempat yang keras seperti ini.

Bumi

Bumi merupakan sebuah planet yang bergerak mengelilingi matahari dalam satu putaran penuh memerlukan waktu 365 ¼ hari,yang lebih dikenal dengan sebutan 1 tahun.Bumi mengelilingi Matahari dalam suatu lintasan hamper bulat.Garis inidisebut garis orbit.selain itu bumi juga berputar pada porosnya.

Sumbu rotasi bumi miring 23o27′ terhadap bidang ecliptic (garis edar bumi mengitari matahari). Kemiringan ini mencegah panas berlebihan pada atmosfer di wilayah antara kutub dan khatulistiwa, membuat suhu menjadi lebih sedang. Jika kemiringan ini tidak ada, perubahan suhu antara kutub dan khatulistiwa akan jauh lebih tinggi dan daerah bersuhu sedang (temperate zone) tidak akan ada atau tidak dapat ditinggali.

Kecepatan rotasi bumi pada sumbunya juga menjaga penyebaran panas menjadi seimbang. Bumi melakukan satu rotasi penuh dalam 24 jam menghasilkan periode pergantian terang dan gelap cukup singkat. Karena periode ini singkat, perubahan panas antara sisi terang dan gelap cukup rendah. Pentingnya hal ini dapat dilihat dalam contoh ekstrem planet Merkurius, di mana siang lebih dari setahun dan perbedaan suhu antara siang dan malam mendekati 1.000oC.

Mars

Atmosfer planet ini tidak mungkin mendukung kehidupan manusia sebab sebagian besar terdiri dari karbondioksida. Seluruh permukaannya dipenuhi kawah: hasil dari tubrukan meteor yang terus-menerus dan angin kencang yang bertiup di seluruh permukaannya, yang dapat menimbulkan badai pasir berhari-hari bahkan ber-minggu-minggu. Suhu agak bervariasi namun turun hingga -53oC. Telah banyak spekulasi bahwa di Mars mungkin terdapat kehidupan, namun seluruh bukti menunjukkan bahwa planet ini tanpa kehidupan juga.

Yupiter

Yupiter: planet terbesar dalam tata surya, 318 kali lebih besar daripada bumi. Seperti Saturnus, Yupiter juga planet yang dibentuk oleh gas. Karena sulit membedakan “atmosfer” dan “permukaan” pada planet seperti ini, sulit juga ditentukan berapa suhu “permukaan”nya, namun pada lapisan atas atmosfer, suhu mencapai -143oC. Bentukan alam yang menarik di atmosfernya adalah apa yang disebut “Bintik Merah Raksasa”. Ini pertama kali diketahui 300 tahun yang lalu. Ahli astronomi sekarang mengetahui bahwa ini adalah badai yang luar biasa kuatnya yang telah berkecamuk di atmosfer Jovian selama berabad-abad. Badai ini cukup besar untuk menelan beberapa planet seukuran bumi. Yupiter mungkin planet yang mendebarkan, namun bukan rumah bagi manusia, yang seketika akan tewas karena temperatur yang membekukan, angin yang ganas, dan radiasi yang tinggi.

Saturnus

Ini adalah planet terbesar kedua dalam tata surya, dan terutama terkenal dengan sistem berbentuk cincin yang mengitarinya. Cincin ini terdiri dari gas, batuan, dan es. Salah satu dari sekian banyak hal menarik tentang Saturnus adalah planet ini seluruhnya terdiri dari gas: 75% hidrogen dan 25% helium, dan kerapatannya kurang daripada kerapatan air. Jika Anda ingin “mendaratkan” pesawat di Saturnus, Anda sebaiknya merancang pesawat Anda agar bisa seperti pelampung! Suhu rata-rata lagi-lagi sangat rendah: -178oC.

Uranus

Uranus planet gas yang pada permukaannya terdapat batuan dan es. Suhu permukaannya adalah -214oC dan atmosfernya, lagi-lagi, terdiri dari hidrogen, helium, dan metan tak cocok bagi kehidupan manusia.

Neptunus

Neptunus. Planet ini dingin juga, sekitar -218oC. Atmosfernya terdiri dari hidrogen, helium, dan metan, beracun bagi kehidupan. Angin yang bertiup kencang, mendekati 2.000 km per jam, bergemuruh di seluruh permukaan planet.

Satelit

Satelit adalah sebuah benda langit yang tidak memiliki sumber cahaya sendiri dan bergerak mengelilingi planet tertentusambil mengikuti Planet tersebut beredar mengelilingi Matahari.

Sistem Tata Surya

Komet

Komet adalah benda langit yang tidak dapat terbentuk dari pecehan yang sanagat kecil bercampur gas tipis,sehingga sebuah komet hanya memiliki gaya gravitasi yang sangat lemah.Bila komet lewat dekat dengan sebuah planet ,planet itu akan menariknya keluar dari garis lintasannya,akan tetapi planet tidak dapat mengerakan planet itu meskipun memiliki ukuran yang lebih besar.

Meteor

Meteor adalah sebuah benda langit yang sangan kecil,bergerak mengelilingi Matahari seperti Planet.Meteor berada jauh dari Bumi,Sehingga tidak dapat dilihat dari bumi.Namun bila metor memasuki atmosfer bumi baru dapat dilihat seperti kilatan cahaya.Cahaya itu terjadi karena gesekan dengan atmosfer bumi.

Kesimpulan

Dalam Alam Semesta yang maha luas ini Bumi ini merupakan bagian kecil di dalamnya.Dalam Jagat Raya terdapat berbagai benda angkasa yang tersusun secara teratur dalam system yang teratur pada Alam semesta yang sangat besar ini.

Urutan Sistem pada jagat raya adalah sebagai berikut, Alam semesta tersusun oleh berjuta-juta Galaksi denga berbagai bentuk ada yang berbentuk spiral atupun berbentuk cakram.Didalam Galaksi terdapat berjuta bintang yang membentuknya dan setiap bintang membentuk sebuah tatasurya dengan planet-planet,Asteroit,komet didalamnya.Sehingga dalam Alam semesta yang luas ini Planet seperti Bumi bagaikan sebutir pasir di tengah gurun yang luas.

Karna hal diatas penulis menyadari bahwa keteraturan dalam Alam Semesta ini bukanlah suatu kebetulan semata.Keteraturan system dalam alam semesta ini membuat penulis dapat menyadari kebesaran sebuah karya hasil ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Akhirnya penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya terhadap perhatiannya dan tak lupa juga dengan segala kerendahan hati mengucapkan maaf atas kesalahan yang terdapat dalam makalah ini dan juga mengharapkan kritik dan saran dalam rangka perbaikan diri dikemudian hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: