Analisis Politik

6 Feb

Soal

1. jelaskan dan uraikan berdasarkan analisa politik ,ekonomi budaya dan social secara komprehensif mengapa rezim orde baru dapat bertahan selama 32 tahun walaupun pemerintahannya bersifat otoriter,melanggar HAM dan tidak demokratis?
2. Jelasakan dan uraikan fungsi partai politik secara teori dan denganrealitas yang terjadi sejak reformasi sampai saat ini apa,mengapa,dan bagaimana relefansinya dengan pendidikan politik bagi masayarakatnya?
3. jelaskan dan uraikan rumusan nilai-nilai yang dikemukakan oleh Henry.B.Mayo dalam buku dasar-dasar ilmu politik di Indonesia saat ini dalam kerangka pemerintahan yang demokratis dengan fakta yang ada sebagai contoh dari penjelasan tersebut?

Jawab
1. Berdasarkan :
• Politik :
Dalam bidang politik Orde Baru mengunakan berbagai alat untuk dapat mempertahankan kekuasaannya,yaitu:
1) mengunakan Golkar untuk mempertahankan kekuasaanya tersebut dengan mengharuskan setiap pegawai negeri / TNI dan keluarganya untuk memilih partai tersebut pada saat pemilu sehingga dengan menangnya partai tersebut dalam setiap pemilu membuat partai tersebut paling banyak mempunyai kursi di DPR sehingga secara otomatis dalam pemilihan presiden kemenangan Soeharto dapat dipastikan.

2)dengan mengunakan ABRI/TNI dalam membungkam para lawan politiknya ,jika kita masih ingat peristiwa Tanjung Priok adalah salah satu contoh bahwa ABRI/TNI adalah salah satu alat untuk membuat siapapun dinegara ini tidak mempunyai keberanian dalam mengemukakan pendapat ataupun mengkritik ,apalagi tentang hal yang berhubungan dengan pemerintahan pada waktu itu

• Ekonomi :
Dalam bidang Ekonomi Pemerintahan Orde Baru pada saat itu ,dia mencoba membuat Ekonomi Indonesia seakan-akan dalam tahap yang baik ,maksudnya adalah dengan cara meminjam dari Negara/Badan Internasioal Kreditor Untuk menutupi angaran belanja Negara yang besar,walaupun hal ini tidak memberatkan rakyat dalam jangka pendek tetapi akan sangat memberatkan untuk jangka panjangnya yaitu pembayaran utang yang besar.Orde baru juga menerapkan sistem senterlisasi pada bidang ini dengan memusatkan seluruh perekonomian di jakarta sehingga seakan –akan pemerintah berlaku adil dalam memberikan dana APBD untuk setiap daerah.Sistem ini juga yang membuat suatu daerah sangat bergantung pada pemerintah pusat sehingga jika dalam Pemilu Golkar kalah disana maka daerah tersebut akan lebih susah dalam memperoleh dana bagi daerahnya.
• Budaya :
Dalam bidang ini rezim Orde Baru memberi kebebasan dalam masyarakat untuk melakukan kebudayaan tetapi masih melakukan kontrol agar unsur-unsur dalam budaya itu berkembang sesuai denga apa yang diharapkan pemerintah.kebudayaan Luar juga disaring agar tidak mempengaruhi masyarakat untuk menentangnya.seperti buku-buku yang mengkritik pemerintah dilarang peredarannya.
• Sosial :
Pada bidang ini pemerintahan Orde Baru mencoba mempertahankan kekuasaan mereka dengan melakukan penyeragaman di seluruh wilayah indonesia,mulai dari pencetusan sistem desa bagi seluruh masyarakat indonesia (biasanya kepala desa bersuku Jawa),walaupun hal itu bertentangan dengan beberapa daerah yang telah mempunyai sistem sendiri seperti gampong dan nagari,hal tersebut tetap dilakukan untuk memnghindari kecemburuan sosial.

2. Fungsi Partai Politik:
• Partai sebagai sarana komunikasi politik:
Partai politik berfungsi dalam menyalurkan pendapat dan aspirasi masyarkat dan mengaturnya sehingga tidak terjadi kekeliruan pandapat dalam masyarakat,karena masyarakat modern saat ini sangat kompleks maka perlu ditampung dan digabungkan dengan aspirasi yang sama agar tidak hilang
• Partai sebagai sarana sosialisasi politik:
Partai politik sebagai sosialisasi dalam memberikan sikap dan orentasi terhadap fenomena politik yang umumnya berlaku dalam masyarakat.
• Partai politik sebagai sarana recuitment politik:
Dalam hal ini partai politik berfungsi untuk mencari dan mengajak orang yang berbakat untuk turut aktif dalam kegiatan politik sebagai kader partai tersebut dan juga sarana pendidikan bagi generasi muda dalam, mempersiapkan menjadi pangganti generasi tua.
• Partai politik sebagai sarana pengatur konflik:
Dalam fungsi ini partai politik untuk mengatur agar segala perbedaan yang terjadi dalam masyarakattidak menjadi sebuah konflik

Dalam kenyatannya parpol tidak menjalankan fungssinya secara benar beberapa funsi memenga dijalankan tetapi mempunyai tujuan untuk merebut atau mempertahankan kekuasaan dengan berbagai cara.,misalnya informasi yang diberikan partai hanya untuk menimbulkan kegelisahan dalam masyarakat,konfik yang terjadi dalam masyarakat tidak diselesaikan tetapi makin dipertajam demi kepentingan parpol semata.sehingga relevansinya terhadap pendidikan politik bagi masyarakat tidak terjadi karna masyarakat hanya sebagai objek bukan sebagai subjek yang bebas dalam berpolitik ,dan sebagian masyarakat dalam mengambil keputusan dalam politik masih “didikte” oleh partai politk.

3. rumusan Henry B Mayo
• menelesaikan perselisihan dengan damai dan secara melembaga
dalam masyarakat sering terjadi perselisihan pendapat dan kepentingan karna itu merupakan hal yang wajar dalam alam demokrasi,tetapi perselisihan tersebut harus diselesaikan untuk mencapai hasil mufakat maupun konsensus.tapi jikatidak maka akan pemerintah akan mengmbil langkah Corcesion atau pemaksaan sehingga tercapai sebuah mufakat.
Contoh:Dalam menyelesaikan kasus GAM pemerintah melaksanakan perselisiahan secara damai untuk menemukan kata mufakat pada kedua belah pihak.
• Menjamin terselenggaranya perubahan secara damai dalam suatu masyarakat yang sedang berubah.
Dalam perubahan yang terjadi dalam masyarakat dalam berbagai bidang pemerintah harus menyesuikan kebijaksanaannya terhadap perubahan tersebut dan menjag agar semuanya terkendali.
Contoh:Dengan merningkatnya pertumbuhna kendaraaan motor didaerah perkotaan maka pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan yang mengatur agar tingkat pertumbuhan kendaraan dapat sesuai dengan tingkat pertumbuhan jalan
• Menyelenggarakan pergantian pemimpin secara teratur
Dalam pemerintahan seharusnya terjadi pergantian pemimpin sexcara teratur sehingga tidak terjadi pergantian karena ketureunan atau penmgangkatan diri sendiri.
Contoh:Saat ini pemerintahan telah diatur agar setiap orang hanya menjabat paling banyak 2 kali masa jabatan untuk memberikan kesempatan bagi semua orang untuk menduduki jabatan tersebut.
• Membatasi pemakaian kekerasan sampai minimum
Dalam menagani golongan yang minoritas pemerintah seharusnya berupaya untuk tidak melakukan kekerasan dalam mencapai kata mufakat tetapi seharusnya lebih mengedepankan diskusi trerbuka
Contoh:kasus Jamaah Ahmadiah seharusnya tidak diselesaikan dengan kekerasan oleh beberapa ormas Islam tetapi menlakukan diskusi untuk melakukan pendekatan kepada mereka.

• Mengakui serta menganggap wajar adanya keanekaragaman
Pengakuan akan keanekaragaman akan membuat masyarakat lebih terbuka dan memungkinkan fleksibilitas dan tersedianya alternatif dalam jumlah yang banyak sehingga demokrasi dapat terlaksana
Contoh: pengakuan keanekaragaman dalam masyarakat indonesia pada saat ini pada umumnya telah terjadi pada masyarakat kota besar seperti jaklarta hal ini disebabkan oleh lingkungan yang majemuk Walupun untuk beberapa daerah seperti Bekasi yang masih mendiskriminasi masyarakat keturunan Cina
• Menjamin tegaknya keadilan
Penjaminan keadilan dalam rangka mewujudkan demokrasi teratur.penjaminan inilah yang akan menjamin demokrasi terjadi secara benar dan tidak menyimpang dari hal yang tidak diingnkan.
Contoh:penegakan keadilan yang terjadi di Indonesia masih tidak terjadi secara adil seperti kasus Soeharto dan Kroni-kroninya,A.Leis, dan berbagai kasus lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: